NO | KOMPETENSI |
INDIKATOR
|
1. | Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret. | ||
2. | Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. | ||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. | ||
3. | Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. | ||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang. | ||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang. | ||
4. | Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. |
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data. | ||
5. | Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian. |
Latest Post
Sabtu, 08 September 2012
SKL UN MATEMATIKA 2012
Label:
MATEMATICS
Kumpulan Rumus Matematika SMP SKL UN 2010
Bagi anak-anak yang masih bersekolah di
tingkat SMP dan SMA, bulan Maret adalah bulan penuh penantian. Menanti
detik-detik yang paling menentukan dalam langkah hidupnya ke depan,
yaitu Ujian Nasional. Sebuah perhelatan yang digelar oleh pemerintah
dengan tujuan yang baik namun beberapa pihak menilai mengandung beberapa
kelemahan. Dibalik segala pro kontra tersebut, sebagai siswa tentu
mereka harus telah mempersiapkan diri untuk menghadapi event tersebut.
Dalam upaya membantu mempersiapkan siswa
khususnya tingkat SMP, saya menawarkan sebuah kumpulan rumus matematika
SMP yang disesuaikan dengan SKL UN tahun 2010. Kumpulan rumus ini saya
maksudkan sebagai salah satu alat bantu belajar sehingga siswa dapat
lebih mudah untuk mempersiapkan diri menghadapi UN. Bagi siswa yang
telah menguasai materi dengan baik, tentu saja tidak lagi memerlukan
kumpulan rumus ini. Seperti telah kita maklumi bersama bahwa mempelajari
matematika sebenarnya adalah melatih kita untuk berpikir logis dan
sistematis. Sehingga rumus hanya diperlukan sebagai sarana untuk
menyelesaikan suatu permasalahan. Jika pola berpikir logis dan
sistematis telah tercapai hampir pasti rumus tak lagi diperlukan. Karena
sebenarnya setiap permasalahan dalam matematika secara teoritis dapat
diselesaikan dengan logika yang sistematis.
Bagi yang memerlukannya dapat mengunjungi blog media 23 bekasi, atau SKL UN 2010 bagian pertama, dan SKL UN SMP 2010 bagian kedua.
Jika pembaca menemukan kesalahan itu semua adalah kelemahan dari ilmu
penulis yang serba fakir, oleh karena itu saya mohon kritik dan saran
untuk memperbaikinya, dan akhirnya saya selalu berdo’a semoga segala
upaya yang telah kita lakukan mendapat ridlo dari Allah sehingga akan
mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan kita semua.
Update terbaru :
- Kumpulan rumus matematika SMP sesuai SKL UN 2010 bag 3 & 4
- Kumpulan rumus matematika SMP sesuai SKL UN 2010 Lengkap
Source : Kompasiana
Label:
MATEMATICS
Rabu, 05 September 2012
Petir Saat Hujan Tiba
Hujan
telah mengguyur berbagai wilayah yang menyebabkan hawa panas dan gerah
berangsur menjadi dingin. Apalagi jika hujan berlangsung terus menerus
tanpa henti selama beberapa hari, dapat kita tebak akibatnya. Banjir
dimana-mana, air meluap, tanah longsor dll. Jika hal ini tidak
terkendali tentu akibat yang ditimbulkan tak sesederhana yang
dibayangkan. Kerugian materi dan korban jiwa bukan mustahil terjadi,
seperti yang sering kita lihat melalui berita di televisi akhir-akhir
ini.
Gambar nebeng di sini
Hujan yang
turun dengan deras meski sampai beberapa hari tak akan menimbulkan
ketakutan selama keadaan lingkungan terkendali. Mereka yang berada di
dataran tinggi akan tetap tenang karena kecil kemungkinan banjir datang
menghampiri. Namun ketakutan justru dirasakan manakala hujan disertai
angin kencang dan petir yang menyambar-nyambar dengan suara gemuruh
meledak-ledak. Suasana hujan yang tak bersahabat yang lebih kita kenal
dengan badai inilah membuat kita yang berada di bawah guyuran air hujan
menjadi ketakutan dan khawatir.
Belajar Efektif
- Bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
- Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
- Kerjakan dulu mana yang penting.
Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
Sabtu, 01 September 2012
Indonesia Beli 16 Super Tucano Senilai Rp2,7 Triliun
Empat pesawat tempur yang dipesan TNI AU dari Embraer tiba di Halim.
VIVAnews
- Empat pesawat tempur Super Tucano yang dibeli TNI Angkatan Udara dari
perusahaan Embraer, Brasil, tiba di Pangkalan Udara Halim
Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu 1 September 2012. Indonesia memesan 16
pesawat atau satu skuadron.
"Ini adalah pesawat yang kedatangannya kami tunggu sejak lama," ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya Dede Nursamsi di Jakarta, Sabtu 1 September 2012.
"Ini adalah pesawat yang kedatangannya kami tunggu sejak lama," ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya Dede Nursamsi di Jakarta, Sabtu 1 September 2012.